Selasa, 10 Januari 2012

Sosok Minggu Ini: Developer SLiMS

Sumber http://duniaperpustakaan.com/2011/03/26/sosok-minggu-ini-developer-slims/

Penilaian admin dalam mengangkat sosok pada kesempatan ini bukanlah sebuah penilaian subyektif dari seorang admin semata. Penilaian ini berdasar atas banyaknya masukan dan PM (Private Message) dari pengunjung duniaperpustakaan.com dan beberapa menyampaikan melalui PM di facebook dan twitter dunia perpustakaan. Hampir dari semua yang mengusulkan sosok pada kesempatan kali ini dikarenakan betapa sosok berikut ini memang benar-benar sangat memberi perubahan yang luar biasa dalam bidang dunia perpustakaan khususnya dalam bidang pengembangan perpustakaan digital di Indonesia.
Hendro Wicaksono


Hendro Wicaksono, sebuah nama yang di kalangan pengembangan perpustakaan digital di Indonesia sudah sangat terkenal. SLiMS (Senayan Library Management System) merupakan produk karya terbaik dan sudah menyabet penghargaan ICT Award 2009 untuk kategori OSS (Open Source System).

Dalam tulisan ini dunia perpustakaan tidak akan membahas terkait SLiMS itu sendiri karena pada tulisan sebelumnya sejarah lengkap tentang keberadaan SLiMS sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya disini atau disini.
Arie Nugraha


Sebagai seorang pustakawan, Hendro Wicaksono merasa prihatin atas kondisi perpustakaan di Indonesia khususnya dalam pengembangan perpustakaan digital. Keprihatinan tersebut juga karena beliau pernah mengalami betapa mahal untuk bisa memiliki sebuah software perpustakaan digital.
Arif Syamsudin


Berawal dari keprihatinan tersebut kemudian Hendro Wicaksono bersama dengan Arie Nugraha seorang programer yang tertarik untuk membantu Hendro Wicaksono membuat software perpustakaan digital. Bertahap demi bertahap akhirnya software tersebut hingga sekarang sudah banyak digunakan oleh perpustakaan di berbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga ke Mancanegara.

Bersama Arie Nugraha, Hendro Wicaksono juga tidak sendiri karena selain keduanya ada juga orang-orang hebat lain yang terlibat dalam pengembangan SLiMS hingga seperti sekarang ini. Mereka antara lain Arif Syamsudin, Wardiyono, Purwoko, Sulfan Zayd, Rido merupakan orang-orang hebat yang turut serta dalam membuat dan memperbaiki secara terus menerus pengembangan SLIMS. Bahkan semua pengguna SLiMS dimanapun juga dianggap sebagai developer.
Wardi Yono


Dengan adanya 7 Developer SLiMS diatas, teramat sangat banyak pihak-pihak yang mendapatkan manfaat dari keberadaan SLiMS. Perpustakaan yang tadinya masih di kelola dengan cara manual sekarang bisa dikelola dengan cara mudah dan murah karena software GRATIS ini. Citra dunia perpustakaan juga semakin terangkat karena perpustakaan yang sebelumnya dianggap sebagai sebuah gudang yang di dalamnya jauh dari teknlogi sekarang secara bertahap semua berubah semakin maju. Dengan adanya SLiMS peluang lapangan kerja untuk para mahasiswa jurusan perpustakaan juga semakin luas dan beragam.
Rido


Bahkan tidak sedikit pihak yang teramat sangat terbantu dengan keberadaan SLiMS. Termasuk ada juga kisah seorang yang berawal dari belajar SLiMS kemudian mendapatkan banyak puluhan juta rupiah dengan menawarkan jasa pengembangan perpustakaan digital dengan SLiMS. Dan  dari uang yang di dapat kemudian orang tersebut bisa membiayai hidup orang tuanya yang sering sakit-sakitan dan juga sebagian uangnya disisihkan untuk membuat perpustakaan desa serta membeli laptop untuk mengajarkan komputer dan internet gratis di desanya. Sebuah manfaat yang teramat sangat membantu banyak pihak.
Sulfan Zayd


Saat ini pengguna SLiMS yang begitu banyak menginspirasi untuk membentuk komunitas. Di awali dari Komunitas SLiMS Jogjakarta kemudian disusul pembentukan SLiMS Jakarta, Komunitas SLiMS Jawa Barat, Komunitas SLiMS Surabaya, Komunitas SLiMS Jawa Tengah, Komunitas SLiMS Pati, dan yang terbaru akan dibentuk adalah Komunitas SLiMS Jawa Timur. Di daerah-daerah yang lain juga dimungkinkan dalam waktu dekat akan terus berkembang terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar