Senin, 23 Januari 2012

Reportase Sinau bareng 21 Januari 2012 #SLiMS Jogja

Terimakasih kepada pihak SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta, Perpustakaan dan para pustakawan  SMA Muhammadiyah 1 Jogja, para pegiat SLiMS yang berkenan datang (Solo, Purworejo, Wonogiri, dan wilayah jogja pada umumnya).

===================

Acara kesekian kali komunitas SLiMS Jogjakarta kali ini digelar di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta (MUHI).  Memasuki perpustakaan MUHI seperti masuk perpustakaan sekolah di luar negeri, selain karena luas perlengkapan dan fasilitas yang adapun lengkap. Termasuk penggunaan SliMS dengan berbagai inovasinya.

Inovasi itu pulalah yang dipaparkan sebagai pengantar dalam belajar bersama kali ini.

Acara dimulai pukul 12.30, tepat setelah  sholat Dhuhur dilaksanakan secara berjamaan di masjid MUHI. Menjadi moderator pada acara ini adalah mas Heri Abi (Pustakawan ISI).  Dalam sambutannya, Kepala SMA MUHI memberikan ucapan selamat datang dan mempersilakan para hadirin untuk belajar bersama di perpustakaan MUHI. Selain itu beliau juga mengungkapkan pentingnya perpustakaan sebagai sebuah sarana belajar, bukan hanya pada masa sekarang namun sejak jaman dahulu. Purwoko, mewakili komunitas SLiMS Jogja menyampaikan terimakasih pada semua hadirin yang berkenan datang pada acara belajar bersama di MUHI "Selamat datang para peserta sekalian di kampus pergerakan, sebuah kampus yang dibangun dengan semangad Al-Ma'un ala Muhammadiyah, sebuah pergerakan yang dibangun oleh kyai Dahlan" ungkap Purwoko. "Hidup-hidupilah perpustakaan dan jangan mencari penghidupan dari perpustakaan" lanjutnya sebagaimana memodifikasi semboyan kyai Dahlan tentang Muhammadiyah. Sebelum menutup sambutan, Purwoko menyempatkan diri untuk mengenalkan personil SDC yang baru, yaitu mas Eddy Subratha yang juga merupakan alumni SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta. Mas Eddy bergabung di SDC sejak Januari 2012. Sebagaimana diketahui, mulai Januari 2012 ada penambahan 2 personil SDC. Selain mas Eddy, bergabung pula dalam SDC mas Indra Sutriadi Pipii dari Kotamobagu Gorontalo.






Acara berikutnya adalah pemaparan inovasi SLiMS oleh pak Maryanto dari tim TI MUHI. Pak Maryanto memaparkan bahwa SLiMS dipilih karena SLiMS dapat menjanjikan perkembangan yang tidak begitu saja didapatkan denga mudah dari sistem sebelumnya. Bahkah di MUHI, laporan di SLiMS telah dikembangkan sesuai standar pelaporan perpustakaan sekolah. Selain itu data member SLiMS dan PAS (Paket Aplikasi Sekolah) telah dapat di syncronize.

Acara belajar bersama ini dibagi dua, pemula dan lanjutan. Pemula mempelajari cara menginstal dan mengenal modul-modul dalam SLiMS, sedangkan kelas lanjutan mempelajari modifikasi dan trouble shooting SLiMS.

Muncul beberapa masalah yang diungkap pada kelas lanjutan:

  1. import data anggota, tanggalnya tidak ikut masuk

  2. print label dan kartu, garis tidak ikut tercetak

  3. sirkulasi tidak jalan

  4. upgrade dong

  5. kartu dua sisi

  6. mempertebal label

  7. dan berbagai masalah lainnya



















Acara berakhir kurang lebih pukul 15.45. Sebelum acara berakhir ada salah seorang peserta yang berminat membaw even belajar bareng ini di institusinya, yaitu di sebuah perpustakaan universitas swasta ternama di Jogja. Komunitas sangat berterimakasih pada pihak yang berminat pada acara ini, baik ditempati atau ikut bergabung.

Semoga sukses.

15 komentar:

  1. Ngiri ... nggak bisa ikut. Semoga bulan depan bisa ikut.

    BalasHapus
  2. modifikasinya itu mantap. salah satu fitur kerennya saya rasa sinkronisasi data siswa pada PAS dengan data anggota pada SLiMS :).

    BalasHapus
  3. semoga sukses. lain kali datang ya mas

    BalasHapus
  4. Mantap mas Arif. Semoga nanti akan semakin bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terimakasih juga kami sampaikan kepada TIM SDC yang memberikan kesempatan SMA Muh 1 Yogyakarta sebagai ajang berbagi dari komunitas untuk komunitas ........

    BalasHapus
  6. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih, atas semuanya yang tak dapat kami sebut satu persatu. Mulai dari tempat, alat, snack dan segalanya.
    Mohon maaf jika kami melakukan hal-hal yang kurang berkenan. Semoga dapat terjalin kerjasama kembali diwaktu yang akan datang

    BalasHapus
  7. Boleh juga gabung nihhh.. jika ada lagi pingin sih gabung sharingg dr Lampung
    Trim.... tubggu kabar Jogya

    BalasHapus
  8. mantap mas maryanto hee..hee...

    BalasHapus
  9. hmmm gitu yah.. :mrgreen: :P:

    BalasHapus
  10. mas tarto : yup. Semoga semakin banyak yg mantap menggunakan SLiMS
    Hehehehehe maryanto 1 muncul juga. ......

    BalasHapus
  11. Pak Maryanto:
    bisa ndak ya saya dikirimi jenis laporan atau format laporan hasil pengembangan di MUHI. via email oke.
    tamanjiwa@gmail.com

    BalasHapus
  12. Silakan mas.
    Atau lampung adakan juga, ala komunitas saja mas. Kumpul bareng sambil ngopi-ngipi dan makan kacang goreng.

    BalasHapus
  13. [...] custom report yg dibutuhkan utk pelaporan. Ya mirip-mirip report yg dulu pernah didemo Pak Maryanto MUHI. Ada juga yang menjadikan SLIMS sebagai salah satu media pembelajaran mahasiswa jurusan PERPUS [...]

    BalasHapus