Kamis, 10 Maret 2011

Reportase: Workshop 5-6 Maret 2011

Foto kegiatan hari pertama dan kedua bisa diunduh di sini, Dokumen lain silakan unduh di Blog Jogjalib.Net
[gallery]
Pada tanggal 5-6 maret yang lalu, Komunitas SliMS Jogjakarta berkesempatan mengadakan workshop SLiMS. WS ini pada awalnya kami buka untuk memberi kesempatan pada para pustakawan sekolah yang ingin mempelajari SliMS. Namun seiring perjalanan waktu ternyata banyak pustakawan selain dari sekolaah yang tertarik untuk mendaftar.

Total peserta pelatihan ini seitar 55-an orang. Berasal dari Jawa timur, sulawesi, jawa tengah, Jogjakarta, Jawa Barat dan Jakarta. Pak Ardi, S.Sos, merupakan peserta terjauh yang berasal dari makasar.

Para peserta menginap di hotel/penginapan sekitaran KPTU Fakultas Teknik UGM, tempat dilaksakan workshop ini. Workshop dimulai pada Sabtu, 5 Maret jam 8.00. Diawali dengan pembukaan, selamat datang dari panitia, perkenalan panitia dan peserta, kemudian disambung sesi 1.

Sesi pertama di bawakan oleh Arif Surachman, dengan materi pengantar otomasi perpustakaan berbasis SLiMS, Install dan Master File. Sesi berikutnya adalah Bibliografi dan Membership yang disampaikan oleh Muhtarom. Hari Sabtu ditutup dengan sesi terakhir Sirkulasi dan Stocktake oleh Budhi Santoso.

Hari kedua, sesi pertama adalah review dan tips/trik yang disampaikan oleh Purwoko.  Materi tips dan trik adalah seting P2P service, menambah slideshow dan berita di OPAC, memperbesar kapasitas upload, menambah jenis file yang dapat diupload, seting visitor counter, install plugin guestbook.

Sesi berikutnya diampu oleh Heri Abiburachman Hakim dengan materi pengelolaan terbitan berkala dan backup SLiMS.

Pada hari kedua, atas usul dari peserta, workshop dibagi menjadi dua karena peserta workshop ini ada yang masih pemula serta ada yang sudah mahir.

Untuk pemula disendirikan dan diampu oleh beberapa pegiat komunitas SLiMS Jogja dengan materi dasar. Panitia berharap peserta pemula ini benar-benar membawa sesuatu ketika pulang nantinya.

Dalam workshop ini, kepada peserta dibagikan modul, blocknote, pena, stiker SLiMS, gantungan kunci SLiMS serta CD Master. CD Master terdiri dari master psenayan, senayan3-stable14, matoa, xampp, notepad++, openoffice, flashplayer for windows, firefox, contoh file image dan file lampiran, serta softfile manual SLiMS Seulanga.
Berikut video tentang workshop tersebut:



2 komentar:

  1. wah.. ternyata ada juga ya yang jauh2 dari makasar..

    BalasHapus
  2. semoga di pekanbaru bisa di kembangkan juga. amiin

    BalasHapus