Minggu, 27 Maret 2011

Liputan Khusus Seminar dan Launching Komunitas SLiMS Jawa Timur

Sumber YPPI

Sekitar 200 peserta dari berbagai wilayah di Jawa Timur hingga Madura dan Malang hadir dalam acara Seminar sekaligus Launching Komunitas SLiMS Jawa Timur yang diselenggarakan di Universitas Widya Mandala Surabaya. Bertepatan dengan hari Sabtu 26 Maret 2011 ini menghadirkan dua pembicara utama yaitu Hendro Wicaksono dari Lead Developer  dan Verdi Yudha (Alih Media Dijital).

Acara yang dimulai sejak pukul 08.30 W.I.B diawali dengan sambutan dari pihak Widya Mandala dan  Kepala Perpustakaan Widya Mandala Vincent menyatakan bahwa diselenggarakan acara seminar dan launching komunitas SLiMS Jawa Timur ini dikarenakan adanya tuntutan kemajuan teknologi yang sangat pesat sehingga pustakawan harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Salah satu pemanfaatan tersebut adalah dengan adanya software SLiMS.

Dalam sambutanya Hendro Wicaksono mengatakan banyak hal terkait pengembangan perpustakaan dihgital di Indonesia. Salah satu poin yang sangat di tekankan adalah pentingnya seorang pustakawan dalam memilih sebuah software perpustakaan. Seorang pustakawan jangan sampai memilih sebuah software perpustakaan berbayar mahal akan tetapi hak sebagai pustakawan dalam mengelola perpustakaan justru sangat terbatas dan tergantung dengan perusahaan pembuat software tersebut.

Hendro Wicaksono juga menyatakan bahwa software SLiMS dibuat untuk bisa memberikan solusi atas banyaknya permasalahan tersebut. Keberadaan SLiMS sangat di dukung dengan banyaknya komunitas di berbagai wilayah seperti Jogja, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Pati, Surabaya, dan terbaru adalah Jawa Timur.

Melalui komunitas inilah diharapkan para pustakawan bisa saling berbagi ilmu dan memecahan berbagai masalah ketika ada kesulitan. Dari sinilah diharapkan kemajuan teknologi dibidang perpustakaan terus berkembang hingga menyebar ke berbagai wilayah di selkuruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar