Sabtu, 13 November 2010

Pelatihan SLiMS di Jawa Tengah

Hari Rabu, bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2010, Ari Suseno dan Purwoko menghadiri undangan perpusda Jawa Tengah dalam rangka pelatihan software SLiMS. Pelatihan ini dilaksanakan di Kampus Universitas Dian Nuswantoro Semarang, tepatnya di Lab Komputer kampus Pusat.

Peserta pelatihan adalah para pustakawan di Perpusda Jawa Tengah, perpustakaan kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Keseluruhan peserta pelatihan ini ada 40-an orang.

Materi dari pelatihan ini adalah Install SLiMS versi portable, pengenalan beberapa modul (System, Bibliografi, Membership) dan praktik mengirimkan data ke UCS.

Khusus praktik pengiriman data ke UCS, pemateri mempersilakan peserta langsung menjadi praktikannya. Pak Sugiri, pustakawan Pati berkenan menjadi admin UCS. Sedangkan tiga orang (ibu Kurnia, Mas Lukman, mas Seto) menjadi node yang mengirimkan data. Praktik UCS ini berlangsung sukses.

Ternyata SLiMS telah dikenal sampai ke pelosok pati, pekalongan, cilacap dan daerah lain disekitarnya. Bahkan beberapa perpustakaan telah menggunakan software ini, baik dengan menginstall sendiri maupun melalui pihak ketiga. Hal yang menjadi keprihatinan adalah ketika perpustakaan menggunakan pihak ketiga, perpustakaan tidak mendapatkan SLiMS secara keseluruhan. Dari pengalaman pelatihan di Semarang, diketahui perpustakaan yang menggunakan pihak ketiga dalam implementasi SLiMS tidak mendapatkan dokumentasi SLiMS. Padalah dokumentasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penggunaan software.

Ketidaktahuan pustakawan ketika ingin implementasi SLiMS, hak dan kewajibannya semoga dapat tercerahkan melalui pelatihan singkat pada hari Rabu, 10 November 2010 kemarin.

Sukses perpusda Jawa Tengah, Sukses Opensource Indonesia.

1 komentar: