Senin, 01 November 2010

Membaca e-DDC pada sistem operasi ubuntu 10.04 dan 10.10

Jika kita melihat posting beberapa waktu yang lalu yang ditulis oleh salah satu anggota komunitas SLiMS tetang e-DDC. Maka kita akan semakin mudah melakukan proses classing. Aplikasi e-DDC ini dicompile dengan bahasa html sehingga sangat mudah dan ringan untuk dijalankan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang minim. Pada dasarnya aplikasi tersebut dikembangkan untuk sistem operasi berbasis windows. Lalu bagaimana jika kita menggunakan sistem operasi linux khususnya ubuntu. Berikut langkah-langkahnya:
1. Download aplikasi e-DDC yang sudah di modivikasi (klik disini)

2. Ekstarak hasil download tersebut

3. Pastikan anda terhubung dengan jaringan internet atau menggunakan DVD Repository.

4. Buka terminal (Applications --> Accessories --> terminal)

5. Masuk sebagai akun root ( sudo su )

6. Masukkan password untuk akun root

7. Install aplikasi CHMsee dengan cara mengetikkan perintah berikut

root@presario-notebook:/# apt-get update

root@presario-notebook:/# apt-get install chmsee

8. Tunggu sampai selesai proses installasi, dan tutup aplikasi terminal

9. Klik 2x pada file e-DDC.chm pada folder hasil ekstrak tadi.

Jika anda tidak terbiasa dengan perintah-perintah berbasis text, anda juga dapat menginstall CHMsee melalui GUI. Caranya adalah:
1. Buka ubuntu software center (Applications --> Ubuntu Software Center)

2. Pada kolom pencarian sebelah kanan atas ketikkan (tanpa tanda kutip) "chmsee"

3. Klik pada tombol Install disebelah kanan

4. Masukkan password bila diminta

Demikian sedikit tips ini semoga dapat membantu Anda.

15 komentar:

  1. Mantap mas, terimakasih.
    Ada juga xchm untuk membaca file .chm

    BalasHapus
  2. mf belum bisa menyumbang artikel

    BalasHapus
  3. Ya., btul. Untuk yang menggudakan KDE bisa juga dengan kCHM Viewer

    BalasHapus
  4. saya pake gnome dan pake xchm mas.

    E-DDC ini keknya bisa disebarkan .chm nya saja yak. jadi tanpa install.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum semua... salam damai..
    @ Kru Blog Jogjalib.net: terima kasih telah memberi tips untuk membuka e-DDC di Ubuntu... sudah saya coba barusan.. tapi kok masih pakai e-DDC lama ya? sudah ada e-DDC Edition 22 sejak desember kemarin lho.... :)
    @ Akind & Purwoko: iya mas, tidak masalah..disebarkan file chmnya saja... lha wong installernya itu saya buat cuma untuk asesoris saja...hehehe.. BTW gimana kalau buat lagi tapi pakai yg Edition 22, ntar dikasih nama resmi "e-DDC Edition 22"? Ntar ta upload jg di situsnya e-DDC (http://e-ddc.org). Kalau bisa, kita kerjasama lebih lanjut. (dan kalau boleh nama sampyan ta masukkan sbg kontributor di e-DDC. Semakin banyak yg ngembangkan semakin baik kan...hehehe... Ok, saya tunggu ya tanggapannya....see u..

    BalasHapus
  6. Semoga bermanfaat mas.
    Saya belum layak dimasukkan dalam kontributor.
    Mas Akind bs bantu mas Rotmiyanto kan yak?

    BalasHapus
  7. Ah, Mas Pur ini gimana?? ya layak dong... malah saya yg harus banyak belajar dari sampeyan... Kapan2 kalau aku ke Jogja ta mampir tempat sampeyan. Bisa kah???

    BalasHapus
  8. @ Pur: mas Akind tak tunggu2 kok jg blm ada balasan mas... yah, gak apa2lah... saya juga maklum, e-ddc mungkin belum bagus mas... masih ecek-ecek juga sih...hehehe... Yg memprihatinkan, di blog http://e-ddc.org saya barusan ada yg menghina habis2an mas, katanya e-ddc gak layak disebut software... dst, dst... yah, biarlah, toh e-ddc tdk saya jual, yang makai juga ternyata lumayan jumlahnya. mohon masukan2 lainnya kalau ada ya mas... thanx berat.

    BalasHapus
  9. Teruskan berkarya mas.
    Saya buka kok ndak menemukan komen yg miring mas

    BalasHapus
  10. Komen miring tsb sudah saya hapus mas dari dulu.... mana pengecut lagi orangnya pakai "anonim"... sirik kali ya..hehehe... Ok, mas, trims atas masukan2 dan dukungannya. Salam buat semua. GBU...

    BalasHapus
  11. Komunitas Slims Yts,
    Maaf saya kok tidak bis buka file dgn ekstensi.tar ya?
    Bgmn caranya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. coba ibu download 7zip, di http://downloads.sourceforge.net/sevenzip/7z920.exe
    insyaallah bisa dipake untuk mengurai .rar

    BalasHapus
  13. Filenya koq ga bisa di donlot ya?

    BalasHapus