Jumat, 15 Oktober 2010

Minat Baca Meningkat, Prestasi pun Terangkat



Sumber Dikpora DIY

Dinas Dikpora DIY - Senayan Library Management System (SLiMS), merupakan software perpustakaan digital (online/offline) yang bersifat open source atau free download.  SliMS diproduksi oleh PIH Depdiknas RI dengan developer Arie Nugraha dan Hendro Wicaksono yang juga pustakawan Depdiknas. Berawal dari keprihatinan dengan software berbayar, mereka mulai mengembangkan software gratis yang kini sampai pada stable versi 14.

Berdasarkan UU no.43 thn 2007 perihal perpustakaan, kemudian software digital perpustakaan gratis ini mulai dipasarkan lewat internet hingga lebih dari 140 pengguna yang terdaftar,  terdiri dari dalam dan luar negeri (Spanyol, German, Brunai, Malaysia, Bangladesh, Afrika). Pemakaian SLiMS juga tergolong mudah, dengan spesifikasi  minimal komp PIII, Ram 128 dengan OS Linux / windows, Local Server dan Web Browser, sudah bisa dijalankan. Fasilitasnya antara lain katalog buku, manajemen simpan pinjam, daftar anggota, sirkulasi, reports dan barcode support.

Gratis bukan berarti tidak berkualitas, software SLiMS boleh dibandingkan dengan software perpustakaan digital berbayar umumnya yang berkisar 30 juta. Bahkan fasilitas SLiMS bisa jadi lebih berprospek sejalan dengan visinya “menyatukan perpustakaan digital se-Indonesia” yang selalu meng-upgrade versi tanpa perlu entry ulang.  Misalnya saja di SD Sriharjo Imogiri Bantul, pustakawan mencoba merubah icon-icon SLiMS tersebut hingga menjadi semenarik mungkin dengan siswa SD, terbukti minat baca semakin meningkat dan prestasi pun terangkat.

Ditemui di sela-sela kegiatan kumpul bulanan dalam rangka memberikan workshop gratis rutin pengguna SLiMS di SMUN 1 Yogya, Arie (red.pustakawan) menerangkan bahwa komunitas SLiMS terus mengalami peningkatan. www.jogjalib.net adalah kumpulan perpustakaan digital di Yogyakarta yang tergabung secara online. http://senayan.diknas.go.id/ untuk mendownload aplikasi tersebut. Adapun mailist ics-isis@yahoogroups.com merupakan komunitas seluruh pengguna SLiMS, termasuk developer dan programer luar negeri yang turut memberikan kontribusi bagi peningkatan sistem. (dita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar