Minggu, 03 Juni 2012

Kenduri Meranti @JSC Jogjakarta: ajang berbaurnya berbagai komunitas SLiMS

Meranti sebagai codename dari SLiMS-5 lahir dengan diiringi diskusi serta backsound theme song SLiMS. Oek.... oek dan akhirnya, Meranti sebagai bayi yang cantik itupun lahir....



Dengan dihadiri oleh 60an peserta akhirnya acar "kenduri bareng" kelahiran Meranti terlaksana dengan lancar. Meskipun pada awalnya panitia dibuat mondar mandir karena adanya pemadaman listrik di wilayah JSC JOgjakarta. Namun akhirnya pukul setengah 2 siang, hari Sabtu 2 Juni 2012 acara dapat dimulai dengan bantuan satu buah Genset yang disewa panitia.
Peserta acara ini tidak hanya dari Jogjakarta saja, namun juga dihadiri para pegiat SLiMS dari berbagai daerah. Banjarnegara, Boyolali, Klaten, Kudus, Semarang, bahkan ada pegiat SLiMS dari Ambon yang juga hadir pada acara ini.

Acara ini dimulai dengan pembukaan, yang dipimpin oleh MC Budhi Santoso, disusul sambutan dari KSJ yang diwakili oleh Koordinator SLiMS Jogja yang baru (Heri Abiburachman Hakim), sambutan dari BPAD (M Hadi Pranoto). Berikutnya adalah penganugerahan JLN Award kepada Perpustakaan IVAA. Acara berikutnya adalam presentasi dan demo Meranti yang diisi oleh Eddy Subrata dan Purwoko dengan dipandu oleh Ari Suseno.

Berbagai hal baru terkait Meranti disampaikan. Mulai dari apa fitur baru Meranti serta kenapa dari SLiMS3 meloncak ke SLiMS5. Mas Eddy Subratha, yang juga alumni MTI UGM mendemokan berbagai fitur baru di Meranti serta tips sederhana mengubah theme di Meranti. Dari presentasi mas Eddy, peserta dapat mengetahui fitur foto langsung dari SLiMS, serta mudahnya editing theme SLiMS Meranti.

Tidak lupa pula, ada mas Haris dari Ambon yang menunjukkan modifikasi kartu yang dilakukan oleh komunitas (Jushadi makasar) kepada para peserta. Hal ini untuk menjawab pertanyaan peserta tentang "sederhananya" kartu anggota di SLiMS.  Dengan demo tersebut, peserta jadi tahu bahwa komunitas juga kontribusi dalam pengembangan SLiMS...

Salah satu peserta dari Klaten bahkan menginginkan, setelah acara ini diadakan pelatihan khusus tentang Meranti agar para pustakawan di sekolah dapat lebih memahami Meranti.

Pertanyaan lain yang muncul pada acara ini adalah:

1. bagaimana migrasi dari software lain ke SLiMS
2. bagaimana upgrade dari stable13 ke SLiMS5
3. berapa kebutuhan space komputer untuk SLiMS5 jika digunakan untuk koleksi digital
4. tips untuk mengupload SLiMS di internet
dan berbagai pertanyaan lain.




kata mereka tentang Komunitas SLiMS Jogja:




Karena kegiatan ini dihadiri oleh berbagai komunitas SLiMS dari berbagai daerah, merekapun diminta untuk menyampaikan pengalaman dalam membangun komunitas SliMS didaerahnya. Tidak lupa pula, sebagai dokumentasi mereka diminta untuk memberikan testimoni terkait SLiMS jogja...

Akhirnya, KSJ mohon doa restu agar diberikan yang terbaik dalam rangka keikutsertaannya dalam kontes IOSA 2012....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar