Senin, 23 Juli 2012

Workshop SLiMS Meranti @Jogjakarta -Laporan singkat-

Sebagaimana sudah dirancang, akhirnya acara workshop SLiMS di Jogjakarta yang digelar oleh Komunitas SLiMS Jogjakarta di MAP UGM terlaksana. Dengan peserta yang datang dari berbagai tempat, berjumlah 60-an orang.

Acara dimulai dengan dibuka secara resmi oleh Hendro Wicaksono (Lead Dev. SLiMS) via Skype. Teleconference ini mungkin pertama kali yang dilakukan komunitas SLiMS. Hendro menyampaikan terimakasih atas kepercayaan peserta mengikuti workshop yang digelar komunitas SLiMS Jogja. Hendro juga menyampaikan bahwa banyak komunitas SLiMS yang ingin seperti komunitas SLiMS Jogja. Selain itu Hendro juga menyampaikan bahwa SLiMS dibangun dengan serius, baik dari sisi disain database, coding maupun kesesuaian dengan teori ilmu perpustakaannya.

Acara ini dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok mahir dan pemula. Kelompok mahir belajar install SLiMS menggunakan xampp, installer SliMS, seting UCS, modifikasi template dan lain sebagainya. Sedang kelas pemula belajar install SLiMS menggunakan xSLiMS (portable slims buatan Haris Kurniawan -pegiat SliMS ambon) dan mempelajari modul system, biblio, masterfile, memebrship dan sirkulasi.

Pegiat Komunitas SLiMS Jogja yang mengampu acara ini adalah: Heri Abi (Koordinator), Budhi Santoso, Tarto, Eddy S, Maryanto, Ari Es, Muhtarom, Abdul Aziz, Purwoko serta dibantu pegiat SLiMS Ambon, Haris Kurniawan.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Komunitas SLiMS Jogja dan Perpustakaan MAP UGM.

Seusai acara, para pegiat SLiMS Jogja juga menyempatkan diri mengupgrade SLiMS di MAP UGM sekaligus memasang username dan password untuk bergabung di JogjaLib.Net.

Materi workshop:

  1. Eddy Subratha: klik di sini --> [download id="9"]

  2. Foto-Foto: klik di sini --> [download id="10"]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar